TUGAS BLOG 1 : Opini dan Kesimpulan “Sejarah Perkembangan Komputer”

15 Mar

OPINI 

 

Komputer merupakan sebuah alat yang saat ini digunakan di berbagai bidang yang bertujuan untuk mempermudah kinerja manusia dalam melaksanakan berbagai kegiatan atau aktivitas mereka.
Sejarah komputer merupakan sebuah pengetahuan yang perlu diketahui oleh orang-orang, mengetahui serta memahami benda yang sehari-hari digunakan akan meningkatkan pengetahuan serta mendorong keinginan untuk semakin mengembangkan teknologi yang canggih ini.

Komputer, berdasarkan sejarahnya dibagi menjadi 5 generasi dan dari setiap generasi tersebut terdapat perbedaan serta perkembangan yang cukup pesat.

  1. Generasi Pertama (1946-1956), ciri-cirinya adalah menggunakan tabung hampa (vacuum-tube) sebagai komponen utama untuk menyimpan dan memproses informasi, ukurannya biasanya sangat besar.
  2. Generasi Kedua (1957-1963), menggunakan transistor yang berukuran relatif jauh kebih kecil, lebih handal, lebih murah, dan tidak sepanas tabung hampa. Menggunakan memori berupa inti magnetik, komputer mulai digunakan secara luas untuk aplikasi sains dan bisnis.
  3. Generasi Ketiga (1964-1979), menggunakan komponen IC (Integrated Circuit), mengandung ratusan hingga ribuan transistor, juga mengandung resistor dan diode. Ukurannya menjadi relatif lebih kecil dan memiliki kemampuan yang jauh meningkat daripada komputer generasi kedua.
  4. Generasi Keempat (1980-sekarang), penggunaan teknologi LSI (Large Scale Integration) dan VLSI (Very Large Scale Integrated), teknologi ini memungkinkan sebuah chip yang berukuran kecil dapat mengandung ratusan ribu transistor dan komponen elektronika yang lain.
  5. Generasi Kelima, komputer ini menggunakan massively parallel processor (MMP).

Tidak hanya berbagai generasi dari perkembangan komputer ini, saat ini seiring dengan semakin berkembang dan canggihnya komputer yang telah diciptakan dan masih akan diciptakan kembali terus menerus untuk membantu kegiatan manusia.

Berbagai istilah yang sampai saat ini tetap digunakan untuk memberikan nama kelompok komputer, sekalipun parameter yang digunakan untuk mengklasifikasikannya sering kali berubah seiring dengan perkembangan teknologi yang mendukung komputer. Kelompok tersebut yaitu mikrokomputer, workstation, minikomputer, mainframe, dan superkomputer.

  • Mikrokomputer atau lebih dikenal dengan sebutan PC (Personal Computer) atau komputer pribadi. Jenis inilah yang paling umum ditemukan dalam rumah maupun perkantoran.
  • mikrokomputer
  • Workstation adalah jenis komputer yang lebih ampuh daripada kebanyakan PC. Awalnya dirancang untuk memenuhi aplikasi perancangan berbasis grafis seperti CAD, tetapi belakangn juga banyak dipakai server dalam client/server.
  • Minikomputer sering kali disebut sistem midrange. Biasa digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala menengah sebagai server. Contoh yang terkenal dan banyak digunakan pada perbankan adalah IBM AS/400.
  • Mainframe merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan-perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar.
  • Superkomputer adalah jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat. Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan yang kompleks, misalnya untuk peramalan cuaca dan perancangan roket.

Seperti hal yang dijelaskan dalam poin-poin diatas telah menunjukkan betapa pesatnya perkembangan teknologi saat ini yang memungkinkan hampir segala hal dilakukan secara terkomputerisasi. Saat ini adalah bagaimana kita sebagai manusia memanfaatkan teknologi tersebut menjadi teknologi komputer yang berdampak positif bagi manusia dan juga dunia, seiring perkembangan tersebut haruslah diikuti dengan perkembangan moril para pencipta dan penggunanya agar dapat menggunakan kecanggihan komputer saat ini menjadi positif dan bermanfaat.

Betapa sangat menguntungkannya teknologi yang saat ini telah dan masih dikembangkan oleh para ahli bagi umat manusia ke depannya jika dapat dimanfaatkan secara baik dan benar sesuai dengan tujuan utama diciptakannya komputer ini, mempermudah kinerja manusia.

Sumber : Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

www.google.com

KESIMPULAN

Berdasarkan essay yang telah dijelaskan pada tugas satu mengenai “sejarah perkembangan komputer”, kita dapat menarik kesimpulan bahwa alat pengolah data dapat digolongkan menjadi empat golongan, yaitu peralatan manual, peralatan mekanik , peralatan mekanik elektronik , peralatan elektronik.

Sedangkan awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871) tahun 1812 , dan pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

Komputer modern ditandai dengan kelahiran komputer elektronik yang disebut dengan ENIAC (Electronical Numerical Integrator and Computer). Komputer ini diciptakan pada tahun 1946 di universitas Pennsylvania, Amerka Serikat, oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, Jr.

Hingga sekarang, komputer-komputer yang telah diciptakan dapat dibagi menjadi 5 generasi: generasi pertama, generasi kedua, generasi ketiga, generasi keempat dan generasi kelima.

Nama : Vinna Kusrini Gandamihardja

NPM / Kelas : 10090111156

Fakultas / Jurusan : Ekonomi / Akuntansi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: